Siapa saja Orang yang berhak menerima sedekah? Jika kamu ingin mengetahui siapa saja orang yang benar-benar berhak menerima sedekah terlebih dahulu saat kita ingin bersedekah, maka harus membaca artikel di bawah ini sampai selesai.

Orang yang Berhak Menerima Sedekah

Ketika kita memberikan zakat kita memberikan zakat kepada 8 golongan yang disebut mustahiq. Berbeda dengan sedekah, kita ada beberapa orang yang berhak menerima sedekah terlebih dahulu menurut ajaran agama Islam.

1. Keluarga

Orang yang berhak menerima sedekah pertama kali dan paling diutamakan adalah Keluarga. Jangan sampai kita melakukan sedekah untuk orang lain tetapi keluarga kita sendiri dalam kondisi kekurangan.

Ketika kita memberikan sedekah kepada orang lain tetapi keluarga kekurangan, maka akan ada dampak buruk yang bisa terjadi dalam rumah tangga.

Terdapat hadits keutamaan memberi sedekah dari HR. Bukhari yang menjelaskan bahwa Rasulullah SAW memerintahkan kita jika diantara keluarga kita ada yang miskin, sebaiknya mulailah bersedekah kepada sanak saudara dari keluarga kita terlebih dahulu.

Imam Baghawi juga menjelaskan bahwa nafkah anak dan istri adalah menjadi tanggung jawab dari suami yang paling utama. Jadi suami harus memberikan sedekah pertama kali yaitu kepada anak dan istrinya terlebih dahulu.

Jika keluarga sindiri sudah tercukupi, maka berikanlah sedekah tersebut kepada keluarga terdekat yang lebih membutuhkan , jika tidak ada baru kamu berikan sedekah kepada kaum fakir, miskin atau orang yang memiliki banyak hutang.

2. Orang Terdekat dan Tetangga

Jika keluarga sudah terpenuhi kebutuhannya, maka kamu bisa memberikan sedekah kepada orang terdekat terlebih dahulu. Kita tidak diperbolehkan bersedekah kepada orang lain apabila ada orang terdekat dengan kita masih belum bisa menafkahi dirinya sendiri dan keluarganya.

Kamu bisa melihat orang terdekat, seperti kerabat dan tetangga yang termasuk dalam keadaan fakir atau miskin serta gharim untuk mendapatkan sedekah dari kamu.

3. Sedekah ke Orang Lain

Jika keluarga dan orang terdekat sudah mampu untuk membiayai kehidupan sehari-hari, barulah kamu diperbolehkan untuk memberikan sedekah kepada orang lain yang benar-benar membutuhkannya.

Jika kamu tidak tahu harus memberikan ke orang lain itu siapa yang berhak mendapatkannya, kamu bisa bersedekah melalui lembaga penyalur sedekah.

Sehingga sedekah yang kamu salurkan ke lembaga penyalur bisa sampai kepada orang-orang yang memang benar-benar membutuhkannya. Sehingga apa yang kamu sedekahkan nantinya tidak sampai kepada orang yang salah.

Bagaimana Sedekah Yang Utama?

Sedekah yang utama adalah sedekah yang bersembunyi-sembunyi, selain itu dalam melaksanakan sedekah kita juga tidak perlu mengharapkan balasan dan pujian dari orang lain, maka lakukanlah sedekah karena Allah SWT.

Sehingga dalam menjalankan sedekah yang paling utama adalah sedekah secara bersembunyi-sembunyi, dibandingkan sedekah terang-terangan.

Itulah penjelasan tentang orang yang berhak menerima sedekah, semoga dengan kamu mengetahui penjelasan di atas kamu bisa memberikan sedekah kepada orang yang tepat.

Kesimpulannya ketika kita berniat untuk menyalurkan sedekah yang utama bukanlah kepada orang-orang termasuk dalam golongan penerima zakat seperti kaum fakir dan miskin.

Tetapi yang paling utama untuk kita berikan sedekah pertama kali adalah keluarga, kamu harus memberikan nafkah anak dan istri terlebih dahulu.

Setelah keluarga tercukupi kebutuhannya, kamu baru mendahulukan kerabat seperti paman, bibi atau keponakan. Jika kerabat terdekat sudah berkecukupan, baru carilah tetangga yang kekurangan dan membutuhkan bantuan.

Jika kerabat dan orang terdekat seperti tetangga sudah berkecukupan, barulah terakhir kamu berikan sedekah kepada kaum fakir, miskin dan kaum yang membutuhkan lainnya.