Bicara soal penjualan produk baik barang maupun jasa pasti tidak bisa dipisahkan dengan kondisi yang ada di pasar. Mayoritas konsumen yang hidup di era digital seperti sekarang ini berbelanja produk yang diincarnya melalui pasar online (online market). Pasalnya, konsumen dapat dengan mudah menemukan produk yang dibutuhkan berkat kehadiran berbagai media online seperti mesin pencarian, sosial media, platform e-commerce, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, sudah seharusnya bagi para pelaku usaha untuk mulai melengkapi strategi pemasaran produk secara tradisional (offline) dengan strategi pemasaran produk secara online atau digital marketing agar penjualan semakin meningkat. Tentu saja dibutuhkan beberapa cara yang efektif untuk menyukseskan penggunaan strategi digital marketing. Berikut ini akan kami bagikan beberapa cara digital marketing yang sudah terbukti ampuh dan efektif untuk meningkatkan penjualan produk.

Mengolah dan Menganalisis Data Sebagai Dasar untuk Menentukan Strategi Digital Marketing

Penjualan produk barang maupun jasa suatu unit usaha akan mengalami peningkatan apabila menerapkan strategi digital marketing yang tepat. Pasalnya, jika menerapkan strategi digital marketing secara asal-asalan maka peningkatan angka penjualan tidak akan optimal. Oleh sebab itu, cara yang bisa digunakan untuk menentukan strategi digital marketing yang tepat adalah dengan mengolah dan menganalisis data pasar. Ya, banyak sekali data pasar yang bisa digunakan sebagai dasar untuk menentukan strategi digital marketing seperti berapa banyaknya konsumen yang mencari produk menggunakan bantuan mesin pencarian, berapa banyak konsumen yang mencari produk di berbagai platform media sosial, diaman konsumen mendapatkan iklan produk yang diinginkan, dan masih banyak lagi. Melalui pengolahan dan analisa data pasar yang akurat maka akan tercipta stratei digital marketing yang efektif dan efisien untuk meningkatkan penjualan.

Memilih Metode Digital Marketing yang Efektif untuk Meningkatkan Penjualan

Ketika digital marketer telah menentukan strategi pemasaran berdasarkan data pengolahan dan analisis data pasar maka cara yang bisa digunakan selanjutnya adalah memilih metode yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan. Banyak sekali metode digital marketing yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih. Bagi digital marketer yang ingin meramaikan pasar di sosial media dapat menggunakan metode social media marketing. Metode ini sangat cocok untuk mendapatkan kepercayaan konsumen dan meningkatkan brand awareness seiring dengan traffic yang selalu ramai di berbagai platform media sosial. Digital marketer juga bisa menggunakan metode Search Engine Optimization (SEO) untuk mengoptimalkan peran mesin pencarian yang umum digunakan oleh calon konsumen untuk mencari produk yang ingin dibeli. Melalui penggunaan metode SEO maka lapak (website) yang dimiliki oleh pelaku usaha akan selalu tampil di halaman utama mesin pencarian sehingga traffic akan selalu tinggi dan peluang penjualan akan semakin besar.

Bagi para digital marketer yang ingin menekankan pemasaran dari segi manfaat produk maka dapat memilih metode content marketing. Ya, metode ini mengharuskan marketer untuk menyusun konten yang mampu menarik perhatian para konsumen dengan berbagai media seperti ebook, blog, dan sebagainya. Metode selanjutnya yang tidak kalah efektif adalah menggunakan iklan PPC atau pay per click yang biasanya berasosiasi dengan berbagai media sosial lainnya seperti Facebook Ads, Twitter Ads, Google Ads, dan sebagainya. Namun, apabila marketer ingin menerapkan metode yang lebih mudah dengan hasil yang lebih menjanjikan maka tidak ada salahnya untuk menggunakan bantuan digital marketing Indonesia yang sudah berpengalaman dalam membantu para pelaku usaha untuk meningkatkan penjualannya melalui digital marketing.